Minggu, 16 Oktober 2011

10 Cara Mencari Uang ala Pelajar

Uang jajan yang kurang dan rasa tidak tega menyusahkan orangtua menjadi alasan mengapa banyak pelajar yang nyambi bekerja. Nggak dipungkiri, mendapat uang dari hasil keringat sendiri rasanya memang puas2 gimana…gitu^^ Sayang, cari part-time job di Indonesia susahnya minta ampun… Jangankan part-time, yang full-time aja susahhh… Ups, jangan putus asa dulu, Teman. Berikut sedikit ‘pilihan karir’ yang bisa dicoba. Semangadh!!!

1.      Guru les privat
Modal : otak encer, telaten, komunikatif
Steps : untuk Teman mahasiswa, bisa daftar di lembaga les privat tertentu. Biasanya yang tahu lembaga2 beginian adalah mahasiswa jurusan Pendidikan. Bisa juga mengumpulkan beberapa teman dan mendirikan lembaga sendiri. Untuk Teman pelajar, bisa mulai dengan mengajar tetangga terdekat. Ibu2 yang punya anak seusia SD biasanya suka minta tolong ke tetangga (yang punya anak ‘gede’) untuk mengajari anaknya. Nah, di sinilah peluangmu, Teman. Apalagi kalau Teman dikenal pintar. Biasanya ‘promosi’ ortu (terutama Ibu) lebih ampuh untuk menarik ‘customer’.
2.      Penulis
Modal : skill menulis, pengetahuan luas, pantang menyerah
Steps : Teman bisa memilih menulis fiksi atau nonfiksi. Kalau fiksi, banyaklah baca berita dan sering2 mengirim artikel ke koran. Kalau nonfiksi, kirim cerpen ke majalah. Oiya, kalau memakai cara ini, Teman harus tahan banting. Jangan berharap sekali kirim langsung dimuat. Biasanya butuh berkali-kali sampai bisa ‘nangkring’ di media dan dapat honor lumayan.
3.      Pebisnis kecil-kecilan
Modal : ketrampilan komersial, kreativitas, tahan banting
Steps : Bisnis yang laris salah satunya adalah usaha aksesoris (pin, gantungan kunci, dll). Teman bisa membuat dan mengedarkannya ke teman2 sekelas. Banyak lho peminatnya, apalagi kalau produk Teman murah dan menarik. Selain itu, usaha jasa IT juga berpotensi. Teman2 yang jago IT bisa menawarkan jasa membuat slide presentasi, desain website dan majalah sekolah, atau sekedar mengetikkan makalah. Kalau rajin promosi, konsumennya bisa juga merambah ke guru dan wali murid.
4.      Karyawan toko
Modal : skill yang sesuai, bisa bagi waktu
Steps : Karyawan di sini juga meliputi operator warnet, pelayan kafe, pramuniaga, dsb. Cari kerjaan model begini memang agak susah buat pelajar. Selain harus punya koneksi, juga mesti pintar2 membagi waktu sesuai shift kerja. Kebanyakan yang bekerja sseperti ini adalah para pelajar SMK dan mahasiswa.
5.      Award winner
Modal : menguasai bidang kompetisi tertentu, bermental juara
Steps : Teman harus rajin mengikuti lomba2 di bidang yang teman kuasai. Usahakan ikutilah kompetisi yang menyediakan hadiah uang tunai bagi pemenangnya. Biasanya yang paling sering adalah lomba karya ilmiah, essay, pidato, dll. Pengalaman pribadi, ada mantan senior yang dijuluki ‘Raja KIR’ karena sering memenangkan kompetisi karya ilmiah hingga mengumpulkan jutaan rupiah.
6.      Online advertiser
Modal : kuat ngenet berjam2, blog dan site menarik
Steps : cara mudah kalo gak mau berpeluh2 cari duit. Tinggal bikin blog atau website menarik lalu pasang iklan di situ (via Google Adsense, kumpulblogger, direct ads, dll). Selanjutnya tinggal menarik pengunjung sebanyak2nya agar meng-klik iklan sehingga Teman mendapat komisi. Sebulan sekali, tunggu saja cek pembayarannya. Jika Teman benar2 serius dalam usaha ini, bisa saja jadi online businessman beneran.
7.      Entertainer
Modal : good looking/camera face, skill seni hiburan (musik, model, dance, dsb)
Steps : bisa jadi model, pesinetron, atau paling enggak band yang manggung di kafe2. Untuk model dan pesinetron, mesti sering2 ikut casting, pemilihan cover girl, atau Miss xxx dan Putri yyy. Teman yang bakat musik, aktiflah ngeband dan berusaha manggung di manapun, biar cuma pensi sekolah. Sering2 ikut kompetisi biar makin banyak yang tahu, lama2 bisa diundang ke kafe2. Oiya, jadi penyiar radio juga bisa.
8.      Asisten dosen
Modal : otak encer, telaten mengajar, SKSD ke dosen
Steps : khusus mahasiswa… Biar pinter, gak semua mahasiswa bisa jadi asdos. Yang paling berpeluang tentu yang dikenal dekat oleh para dosen^^ Makanya, Teman rajinlah bertanya saat jam kuliah dan sebisa mungkin ‘promosikan’ kecerdasan Teman pada para dosen.
9.      Pegawai ortu
Modal : rasa berbakti yang amat sangat^^
Steps : kalau ortu Teman punya usaha dan lagi sibuk, coba tawarin untuk membantu. aga warung lah, antar barang pesanan, menggarap laporan, dll. Nggak hanya uang jajan, pahala pun akan bertambah^^
10.  Pekerja serabutan
Modal : sedia setiap saat, jaringan informasi luas
Steps : Dalam setahun, kadang ada even2 tertentu yang butuh banyak sukarelawan, terutama para muda. Misalnya jadi panitia acara kota, L.O. dadakan, atau apalah yang bagian gotong2^^. Selain itu ada momen2 tertentu yang sarat peluang bisnis semacam Valentine, bulan puasa, dll. Intinya, buka kuping selebar mungkin dan tangkap setiap peluang yang ada.

Kira2 itu saja. Menurut Teman2 lain bagaimana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar